Asrellawanti, Nada and Handayani, Dewi and Elvinawati, Elvinawati (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEND A PROBLEM DAN TALKING CHIPS TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I yang menerapkan model pembelajaran Send a problem dan kelas eksperimen II yang menerapkan model pembelajaran Talking chips pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini ditentukan secara random sampling dari seluruh kelas XI MIPA yang berjumlah 123 siswa, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 2 dan kelas XI MIPA 3 dengan jumlah total 64 siswa. Pengumpulan data hasil belajar kognitif siswa menggunakan pretest dan posttest, sedangkan hasil belajar psikomotor siswa menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara umum menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Send a problem mampu memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Talking chips. Nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran pada kelas eksperimen I adalah 81,33 dan kelas eksperimen II adalah 76,17, sedangkan rata-rata psikomotor pada kelas eksperimen I yaitu 81,60552% dan kelas eksperimen II yaitu 75,754%. Berdasarkan uji t pada aspek kognitif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 dan aspek psikomotor 0,034 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikasi antara hasil belajar siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Send a problem dan Talking chips pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA SMA Negeri 4 kota Bengkulu. Kata kunci : Send a problem,Talking chips, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:42 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:42 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12655 |
Actions (login required)
View Item |