STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Anjelina, Rina and Elvinawati, Elvinawati and Nurhamidah, Nurhamidah (2019) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
RINA_ANJELINA_FKIP[1].pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - April 2019. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji homogenitas dan normalitas maka terpilih kelas XI IPA 1 yang menggunakan model Discovery Learning dan XI IPA 3 yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan jumlah 47 siswa. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), N-Gain Score, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning mampu memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan model Problem Based Learning (PBL) di SMAN 2 Bengkulu Utara tahun ajaran 2018/2019. Nilai rata-rata pretest-posttest pada kelas Problem Based Learning (PBL) sebesar 45 dan pada kelas Discovery Learning sebesar 53,91. Hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig. (0,042). Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning. Kata kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), Discovery Learning

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:43
Last Modified: 11 Jul 2023 01:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12672

Actions (login required)

View Item View Item