PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Dianti, Aisyah and Muchlis, Effie Efrida and Hanifah, Hanifah (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
A1C015023_AISYAH DIANTI (SKRIPSI).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran generatif dalam pengelolaan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas VIII B SMP Negeri 11 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik, lembar latihan pada lembar kerja peserta didik dan lembar tes akhir siklus. Mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan cara pada tahap 1 persiapan melatih peserta didik dalam mendengarkan penjelasan, memperhatikan dan menyampaikan pendapat; pada tahap 2 pemfokusan melatih peserta didik untuk bekerja sama, berdiskusi, menggambar dan mencatat; pada tahap 3 tantangan melatih peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan dan aktif dalam diskusi kelas; dan pada tahap 4 aplikasi melatih peserta didik untuk mengerjakan latihan yang diberikan guru. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata observasi aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 19,50; 23,75; 28,38. Mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran generatif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan cara pada tahap 1 persiapan melatih peserta didik untuk mengingat materi pelajaran yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari; pada tahap 2 pemfokusan peserta didik mengonstruksi sendiri konsep; pada tahap 3 tantangan peserta didik menyelesaikan permasalahan secara nyata sesuai dengan konsep yang didapat; dan pada tahap 4 aplikasi peserta didik mengerjakan latihan soal. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari skor rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III yaitu: 66,48; 74,70; 83,75 dengan ketuntasan belajar klasikal yaitu: 43,75%; 62,50%; 87,50%. Kata kunci: model pembelajaran generatif, hasil belajar peserta didik, pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:25
Last Modified: 11 Jul 2023 02:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item