PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU

Naibaho, Angela Jane ito and Maizora, Syafdi and Effie, Efrida Muchlis (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_ANGELA JANE ITO NAIBAHO_A1C015027.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Desain penelitian menggunakan posttest only control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebgai kelas uji coba. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal esai dengan jumlah 10 soal. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 62,766 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 48,655. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan berbantuan aplikasi SPSS. Uji normalitas menggunakan rumus Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan rumus Levene’s Test. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,004 ≤ 0,05 maka H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar Matematika Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:28
Last Modified: 11 Jul 2023 02:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item View Item