PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Nadiyah, Atika and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ATIKAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII F SMP Negeri 15 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes akhir siklus. Aktivitas belajar siswa ditingkatkan dengan cara pembagian kelompok yang heterogen berdasarkan nilai tes, memberikan LKPD, memberikan alat peraga berbasis lingkungan, presentasi jawaban dari soal pada LKPD sesuai nomor kepala masing-masing, memberikan perhatian khusus kepada siswa berkemampuan rendah, menegur siswa yang tidak mengikuti langkah pembelajaran dengan baik, serta memberikan motivasi. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 24 (kriteria cukup aktif); 27,625 (kriteria cukup aktif); 29.25 (kriteria aktif). Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara membuat LKPD dengan langkah-langkah yang sesuai model pembelajaran NHT dan pendekatan saintifik dengan bantuan alat peraga berbasis lingkungan, membuat soal latihan tambahan untuk siswa bernomor kepala 5 pada setiap LKPD, menambah gambar bangun ruang dengan garis putus-putus pada LKPD serta menjelaskan kembali materi prasyarat. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 58,96; 69,59; 77,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III, yaitu: 36%; 64%; 80%. Kata Kunci: model pembelajaran Numbered Head Together, LKPD, alat peraga berbasis lingkungan, aktivitas belajar, hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:34
Last Modified: 11 Jul 2023 02:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item View Item