ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU

Hapid, Cahaya Gafar and Hanifah, Hanifah and Agus, Susanta (2019) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_CAHAYAU GAFAR HAPID-A1C014036.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dan mengidentifikasi faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Sebanyak 25 siswa kelas VII F dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kesalahan yang dilakukan siswa sebesar 56% untuk soal nomor 1, 52% untuk soal nomor 2, 80% untuk soal nomor 3, 24% untuk soal nomor 4, 16% untuk soal nomor 5, 56% untuk soal nomor 6, 32% untuk soal nomor 7, 40% untuk soal nomor 8, 32% untuk soal nomor 9, 16% untuk soal nomor 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung aljabar yaitu: a) kesalahan menyalin data, b) kesalahan operasi suku tak sejenis, c) kesalahan operasi suku sejenis, d) kesalahan mengabaikan data penting yang diberikan, e) kesalahan perhitungan. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: a) Siswa tidak teliti/tidak memperhatikan soal yang akan dibuatnya, b) siswa tidak memahami konsep suku tak sejenis, c) siswa tidak memahami konsep suku sejenis, d) siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, e) siswa tidak mengerti maksud dari soal yang diberikan. Kata Kunci: Analisis, Deskriptif, Kesalahan, Operasi Hitung Aljabar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:43
Last Modified: 11 Jul 2023 02:43
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item