PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Utami, Indah Tri and Rusdi, Rusdi and Hanifah, Hanifah (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_A1C015002_Indah Tri Utami.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa antara model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasy Experiment dengan desain penelitian Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelas discovery learning yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VIII B sebagai kelas inkuiri terbimbing yang berjumlah 23 peserta didik. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar yang berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bengkulu, dengan thitung = -2,242 dan sig. = 0,030 < 0,05. Rata – rata hasil belajar siswa kelas discovery learning adalah 48,77 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas inkuiri terbimbing adalah 61,24.Kata Kunci : Discovery Learning, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:33
Last Modified: 11 Jul 2023 03:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12698

Actions (login required)

View Item View Item