PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU

Wati, Lindas and Muchlis, Effie Efrida and Syafdi, Maizora (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LINDASWATI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 12 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pengelolaan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 12 Kota Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dari tanggal 24 Maret 2018 sampai dengan 20 Mei 2018. Peningkatan aktivitas belajar matematika siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata observasi siswa siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 27, 36.13, 38.63 dengan kriteria secara berturut- turut yaitu cukup aktif, aktif, aktif. Mengelola kelas dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan cara pada tahap orientasi, merumuskan masalah dan merumuskan hipotesis peserta didik dilatih dalam mendengarkan penjelasan, memperhatikan dan menyampaikan pendapat serta berfikir kritis; pada tahap mengumpulkan data dan menguji hipotesis melatih peserta didik untuk bekerja sama, berdiskusi, menggambar dan mencatat; pada tahap merumuskan kesimpulan peserta didik menyelesaikan permasalahan dan menarik kesimpulan serta aktif dalam diskusi kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I, II dan III secara berturut-turut 66.67, 78.96, 86.63 dengan ketuntasan belajar klasikal pada siklus I, II, dan III secara berturut-turut yaitu 54.55%, 72.41%, 86.20% Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:04
Last Modified: 11 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12703

Actions (login required)

View Item View Item