STUDI KASUS ANAK HAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 DI PAUD IT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU

Dewinta, Ana and Saparahayuningsih, Sri and Indrawati, Indrawati (2019) STUDI KASUS ANAK HAFAL AL-QUR’AN JUZ 30 DI PAUD IT GENERASI RABBANI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi mengenai anak yang hafal Al�Qur’an juz 30 di PAUD IT Generasi Rabbani Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah anak berusia 6 tahun yang sudah hafal Al-Qur’an juz 30. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kasus SQY memiliki kecerdasan dengan IQ 115 (diatas rata-rata), orangtua anak memberikan bimbingan dan motivasi untuk menghafal Al-Qur’an, orangtua dan guru menggunakan metode yang sama yaitu metode talaqqi dengan setoran dalam mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an sehingga anak hafal Al-Qur’an juz 30 di usia 6 tahun. Implikasi yang dilakukan orangtua adalah menjadikan diri sebagai contoh dengan sering membaca Al�Qur’an dan memberikan jadwal untuk mengaji dengan anak setiap selesai sholat magrib dan sholat isya. Oleh karena itu disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang anak yang mampu menghafal Al-Qur’an dilihat dari metode hafalan Al-Qur’an yang diterapkan oleh orangtua dimana ada banyak metode hafalan Al-Qur’an. Kata kunci: Anak Hafal Al-Qur’an, Metode hafalan Al-Qur’an, Kecerdasan, Bimbingan dan Motivasi Orangtua

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:44
Last Modified: 11 Jul 2023 06:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item