PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK A PAUD TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU

Peni, Peni and Kurniah, Nina and Delrefi, Delrefi (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI METODE TANYA JAWAB DENGAN BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA KELOMPOK A PAUD TUNAS HARAPAN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PENII.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak melalui metode tanya jawab berbantuan media audio visual pada kelompok A PAUD Tunas Harapan Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus statistik uji rata-rata, ketuntasan belajar dan t-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui metode tanya jawab berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak secara signifikan dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,3% dan dibuktikan dengan hasil perhitungan t-test yaitu t hitung = 4,8 lebih besar dari t tabel 2,20 pada taraf signifikansi 5%. Artinya ketuntasan belajar yang diperoleh anak sudah tercapai sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada peneliti berikutnya untuk dapat melanjutkan penelitian tentang kemampuan menyimak dengan menggunakan media maupun metode yang lain. Kata kunci: Kemampuan Menyimak, metode tanya jawab, media audio visual

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:40
Last Modified: 12 Jul 2023 02:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item