ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ZIN MACROSIMULATION (Studi Kasus: Kawasan Bencoolen Mall Pantai Panjang Kota Bengkulu)

Al-Qodri, Rahmat and Hardiansyah, Hardiansyah and Fepy, Supriani (2022) ANALISIS KINERJA JARINGAN JALAN AKIBAT EVAKUASI BENCANA TSUNAMI DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ZIN MACROSIMULATION (Studi Kasus: Kawasan Bencoolen Mall Pantai Panjang Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAT AL-QODRI (G1B016019).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Bencoolen Mall adalah pusat perbelanjaan terbesar yang terletak di kawasan wisata Pantai Panjang yang merupakan pesisir pantai di Kota Bengkulu, sehingga menjadikan kawasan Pantai Panjang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Berdasarkan peta kajian zona tingkat resiko kegempaan di Kota Bengkulu yang paling rentan berada pada wilayah sepanjang pesisir pantai. Tujuan dari penelitian untuk membangun model pergerakan evakuasi bencana tsunami dengan skenario yang diusulkan guna untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari bencana tsunami. Skenario penelitian mengusung perubahan pada kapasitas jalan dengan menghilangkan median dan penambahan jalan baru. Penelitian diawali dengan survei geometrik jalan dan survei arus lalu lintas, data yang telah dikumpulkan dihitung secara manual sesuai dengan aturan PKJI 2014. Tahapan pemodelan menggunakan software ZIN Macrosimulation yang diawali dengan pemodelan eksisting, dilanjutkan dengan 5 pemodelan kondisi yang berbeda-beda. Kinerja jaringan jalan dengan geometrik jalan berubah (jalan skenario) mempunyai tingkat kinerja jaringan jalan yang lebih baik dibanding dengan geometrik jalan tak berubah (jalan eksisting). Dari 5 pemodelan yang dibangun pemodelan yang terbaik terlihat pada pemodelan 4 yang memiliki tingkat pelayanan jalan yang lebih baik. Ruas jalan pemodelan 4 terutama pada Jalan Sedap Malam I terlihat derajat kejenuhan yang awalnya 0,38 menjadi 0,13 saat kondisi evakuasi. Pemodelan skenario pada kondisi pertumbuhan kendaraan 5 tahun mendatang terlihat pada pemodelan 5 dimana derajat kejenuhan Jalan Sedap Malam I yang awalnya 0,46 menjadi 0,19 saat kondisi 5 tahun mendatang. Kata Kunci: Evakuasi, Tsunami, Skenario, Pemodelan, ZIN Macrosimulation.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:08
Last Modified: 01 Aug 2023 04:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item View Item