PERANCANGAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ITIL V3 DOMAIN SERVICE STRATEGY DAN SERVICE OPERATION PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA LUBUKLINGGAU

Hidayat, Riky and Faurina, Ruvita and Julia, Purnamasari (2021) PERANCANGAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN ITIL V3 DOMAIN SERVICE STRATEGY DAN SERVICE OPERATION PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA LUBUKLINGGAU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi-Riky Hidayat-G1F017015.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau telah menerapkan teknologi informasi dalam kegiatan mereka pada seperti dalam pencatatan dan perekaman data penduduk. Namun teknologi informasi yang sudah dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau tidak mencakup ke seluruh pelayanan yang ada, sehingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau harus menerapkan ITSM dan membuat sebuah manajemen layanan TI yang baik untuk meningkatkan kinerja layanan yang ada. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini, penulis akan membuat sebuah rancangan manajemen layanan TI dengan menggunakan salah satu pendekatan ITSM yaitu Information Technology Infrastructure Library Version 3 (ITIL V3) domain Service Strategy dan Service Operation. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis TI menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dengan domain DSS, EDM dan APO sebagai alat untuk melakukukan proses assessment untuk melihat capability level yang dari manajemen layanan TI yang sedang berjalan. Keluaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah portofolio yang berisikan rekomendasi-rekomendasi untuk perancangan dan pengembangan manajemen layanan TI di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau memiliki capability level yang berada pada tingkatan 4 predictable process. Kata Kunci : ITSM, ITIL V3, COBIT 5, Service Strategy, Service Operation, DSS, APO, EDM, Layanan TI

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:14
Last Modified: 01 Aug 2023 04:14
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item View Item