UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU

Handini, Shinta and Wadin, Wahiruddin and Sofino, Sofino (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DINI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang usia lahir hingga enam tahun secara menyeluruh yang mencakup aspek fisik dan aspek nonfisik. Kreativitas yaitu kemampuan untuk menghasilkan gagasan baru, memecahkan masalah dan ide yang mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan yang harus dimiliki sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini, faktor penghambat dan pendukung guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini. Cara guru dalam mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran yaitu membuat pembelajaran yang menyenangkan, Belajar sambil bermain, Interaksi dalam proses pengembangan kreativitas anak usia dini, Memadukan pembelajaran dengan perkembangan berbicara, Belajar dengan konteks nyata. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data yang disajikan dalam bentuk Kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model yang dikembangkan oleh Burhan yaitu Mereduksi data, penyajian data, verifikasi (pengumpulan keputuasan/kesimpulan). Dari analisis yang penulis lakukan terdapat upaya guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini yang meliputi perencanaan, metode, media, kurikulum, cara guru membuat anak menjadi lebih kreatif, cara guru dalam meningkatkan proses pembelajaran di kelas. Faktor penghambat guru yang meliputi kendala guru dalam meningkatkan kreativitas dan cara guru mengatasinya serta faktor pendukung guru yang meliputi metode khususnya. Pendidik menggunakan berbagai metode yaitu metode karyawisata, metode bercerita, metode pemberian tugas, metode bernyanyi. Evaluasi kreativitas anak usia dini sudah dilakukan yaitu dalam pemberian tugas yang diberikan, pengamatan harian dan semesteran. Kata Kunci : Upaya Guru, Meningkatkan Kreativitas, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:39
Last Modified: 27 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item View Item