Kurniawan, Adhytia and Muktadir, Abdul and Dalifa, Dalifa (2019) STUDI DESKRIPTIF ANALISIS SIKAP ILMIAH DAN LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS SISWA KELAS IV TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU SEKOLAH DASAR 08 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
Skripsi.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hakikat pembelajaran IPA pada aspek sikap ilmiah dan aspek litrasi sains yang terdiri dari sains sebagai ilmu pengerahuan (body knowledge),sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berfikir, dan interaksi antara teknologi sains masyarakat yang disajikan pada buku teks siswa. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kualitatif,subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV B SD 08 Kota Bengkulu dan Buku teks siswa kelas IV tema 9 Kayanya Negeriku. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi untuk menggambarkan sikap ilmiah siswa kelas IV B dalam pembelajaran IPA dan analisis literasi sains pada buku dengan menggunakan lembar pedoman analisis yang diadopsi dari Chiapetta,Sethna dan Filman diPadayache.K (2012). Hasil analisis menunjukkan dua temuan penting 1) sikap ilmiah yang muncul pada siswa kelas IV B yaitu (rasa ingin tahu, kejujuran dan objektif terhadap data/fakta, dan sikap kritis) sudah tampak dalam pembelajaran IPA dengan kemunculan indikator yang berbeda-beda untuk setiap aspek, dan 2) aspek literasi sains pada buku teks siswa kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku, menunjukkan aspek ilmu sebagai batang tubuh pengetahuan yang memiliki persentase tertinggi yaitu 42% dari tiga aspek lainnya, persentase sains sebagai jalan menyelidiki 26%, persentase sains sebagai cara berfikir 22%, dan persentase interaksi sains teknologi dan masyarakat yaitu 9 %. Persentase interaksi sains teknologi dan masyarakat merupakan aspek terkecil yang muncul dibandingkan dengan ketiga aspek literasi sains lainya. Kata kunci : Literasi sains, Pembelajaran IPA, Sikap ilmiah, Buku Teks Siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 03:05 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 03:05 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12895 |
Actions (login required)
View Item |