PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN BARANG BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI GUGUS 11 KOTA BENGKULU

Darmansyah, Ady and Hasnawati, Hasnawati and Dalifa, Dalifa (2019) PENGARUH PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN BARANG BEKAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI GUGUS 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI (ADY DARMANSYAH A1G015022) (3).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode outdoor learning dengan memanfaatkan barang bekas terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri Gugus 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri Gugus 11 Kota Bengkulu yang menggunakan kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah dua SD Negeri Gugus 11 yang memiliki akreditasi B yaitu siswa kelas IV A di SD Negeri 55 untuk kelas kontrol dan siswa kelas IV B di SD Negeri 44 untuk kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu; (1) lembar tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui prestest dan posttest; (2) lembar observasi sikap; dan (3) lembar observasi keterampilan. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung sebesar 4,241 dan nilai ttabel sebesar 1,680. Secara sistematis terlihat thitung 4,241 > ttabel 1,680 pada taraf signifikan 5%, thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil persentase hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen pada pembelajaran tematik yaitu 75,31% sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil belajar yang diperoleh pada pembelajaran tematik yaitu 64,87%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang menggunakan metode outdoor learning. Kata kunci: outdoor learning, barang bekas, hasil belajar, tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:08
Last Modified: 13 Jul 2023 03:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12897

Actions (login required)

View Item View Item