PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU

Irawan, Agus and Wurjinem, Wurjinem and Hasnawati, Hasnawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Agus Irawan.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Gugus XIII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus 13 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki akreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di SDN 77 dengan jumlah siswa 32 sebagai kelas eksprimen dan kelas V SDN 83 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi afektif dan psikomotor. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung 2,48> ttabel 1,67. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar Gugus XIII Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran IPS, Bermain Peran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:09
Last Modified: 13 Jul 2023 03:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12899

Actions (login required)

View Item View Item