PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 36 KOTA BENGKULU

Pratiwi, Ami Septian and Juarsa, Osa and Lukman, Lukman (2019) PENGARUH MODEL INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 36 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI - AMI SEPTIAN PRATIWI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model inside outside circleterhadapprestasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimensemudengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V A dan V B SDN 36 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total, sampel pada penelitian iniyaitukelas VAberjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes prestasi belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan lebihbesardari dimana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 5,609 dan pada mata pelajaran IPA sebesar 2,135 dengan sebesar 1,679. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikanterhadapprestasi belajar siswa aspek pengetahuan pada pembelajaran tematik yang menggunakan model Inside Outside Circle. Kata kunci: Model Inside Outside Circle, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:11
Last Modified: 13 Jul 2023 03:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12900

Actions (login required)

View Item View Item