PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KOTA BENGKULU

Afrianti, Ayu Dersi and Wurjinem, Wurjinem and Daimun, Hambali (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Ayu Dersi Afrianti .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN kota Bengkulu yang berjumlah 42 SD. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 30 siswa kelas IV SDN 11 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas IV SDN 74 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling yang artinya pengacakan kelompok (rombongan belajar). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian berjumlah 8 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan uji-t nilai posttest siswa, yaitu thitung = 6,20 lebih besar dari nilai ttabel = 2,00. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perbedaan nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan skala 5% penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Kata kunci :Pembelajaran Tematik, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) , Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:26
Last Modified: 13 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item