PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS XVII KOTA BENGKULU

Gustiana, Diokha and Yuliantini, Nani and Ansyori, Gunawan (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN GUGUS XVII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
pdf Diokha Gustina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Book pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus XVII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 04 Kota Bengkulu dan kelas IV A SDN 11 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 56 siswa terdiri dari kelas IV B SDN 04 Kota Bengkulu berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SDN 11 Kota Bengkulu berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil persentase hasil belajar yang diperoleh pada kelas eksperimen untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 63,23%, dan mata pelajaran IPA sebesar 60,96%. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 47,91%, dan mata pelajaran IPA sebesar 24,62%. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan media Pop-Up Book. Kata kunci: Media Pop-up Book, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:42
Last Modified: 13 Jul 2023 03:42
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12911

Actions (login required)

View Item View Item