PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS lV SDN GUGUS XlXKOTA BENGKULU

Sinta, Dwi Rahma and Resnani, Resnani and Daimun, Hambali (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS lV SDN GUGUS XlXKOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DWI RAHMA SINTA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Tematik di SDN gugus XIX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Gugus XlX Kota Bengkulu dan yang menjadi sampel penelitian ini yaitu SDN 71 sebagai kelas eksperimen, SDN 72 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choise) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t diperoleh nilaiperhitungan ditemukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, dengan nilai thitung (4,89) >ttabel(1,67).Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Jigsawdapat mempengaruhi hasil belajar siswa,sehingga dapatdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe Jigsawterhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN gugus XIX Kota Bengkulu. Kata Kunci : Tematik, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:46
Last Modified: 13 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

View Item View Item