STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA SOFTWARE WINGEOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Sari, Ema Tryana and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2019) STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF DAN MEDIA SOFTWARE WINGEOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI EMA TRYANA SARI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir matematis antara siswa yang menggunakan media software wingeom dan media manipulatif pada pembelajaran matematika kelas V SD gugus XIV Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain Pretest-Posttest Comparation Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD gugus XIV Kota Bengkulu. Sedangkan sampelnya adalah siswa kelas V SDN gugus XIV Kota Bengkulu yang berstatus sekolah negeri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, didapatkan sampel yaitu siswa kelas VC SDN 42 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa menjadi kelas eksperimen I dan kelas VA SDN 45 Kota Bengkulu yang berjumlah 25 siswa menjadi kelas eksperimen II. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk soal uraian yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung sebesar 2,25 dan nilai ttabel sebesar 2,01. Secara statistik terlihat thitung (2,25) > ttabel (2,01) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir matematis antara siswa yang menggunakan media manipulatif dan media software wingeom pada pembelajaran matematika kelas V SD gugus XIV Kota Bengkulu. Kata Kunci : Media Manipulatif, Media Software Wingeom, Berpikir Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:59
Last Modified: 13 Jul 2023 03:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item