PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI GUGUS 14 KOTA BENGKULU

Ningsih, Henisah Surya and Yuliantini, Nani and Wurjinem, Wurjinem (2019) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI GUGUS 14 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
HENISA SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Chlidren Learning In Science pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV gugus 14 Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 45 Kota Bengkulu dan kelas IV A SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 44 terdiri dari kelas IV B SDN 45 Kota Bengkulu berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A SDN 42 Kota Bengkulu berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. thitung lebih besar dari ttabel dengan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (2,13) > ttabel (2,01), dan pada mata pelajaran IPA thitung (2,10) > ttabel (2,01). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model Chlidren Learning In Science mempengaruhi hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Chlidren Learning In Science terhadap hasil belajar siswa psda pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri Gugus 14 Kota Bengkulu. Kata kunci: Model CLIS, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:01
Last Modified: 13 Jul 2023 04:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12920

Actions (login required)

View Item View Item