PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Anisah, Irma Nur and Hambali, Daimun and Ansyori, Gunawan (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI IRMA NUR ANISAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning menggunakan multimedia terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Gugus XIV Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling didapatkan kelas V D SD Negeri 42 Kota Bengkulu (kelas eksperimen) dan kelas V B SD Negeri 45 Kota Bengkulu (kelas kontrol). Uji coba instrumen dilakukan di kelas VI D SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif uraian yang berjumlah 5 soal. Hasil perhitungan uji-t gain skor didapatkan thitung 3,72 > ttabel 2,01 artinya terdapat perbedaan yang signifikan yang berarti terdapat pengaruh. Pada indikator siswa menyelesaikan masalah dengan bermacam cara dan jawaban, peningkatan kelas eksperimen sebesar 22,475 dan kelas kontrol sebesar 15,129. Dalam penelitian diperoleh hasil lima indikator kemampuan berpikir kreatif mengalami peningkatan baik dalam kelas ekperimen ataupun kelas control. Untuk kelas ekperimen mengalami peningkatan lebih besar daripada kelas kontrol. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning, Multimedia, Kemampuan Berpikir Kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:04
Last Modified: 13 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12922

Actions (login required)

View Item View Item