Wulandari S, Kurnia Novitri and Lusa, Herman and Dalifa, Dalifa (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS I SDN GUGUS 10 KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
PDF SKRIPSI Kurnia Novtri Wulandari.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media kartu kata bergambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment, jenis desain The Matching Only Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi penelitian ini siswa kelas I SDN Gugus 10 Kabupaten Lebong. Sampel pada penelitian ini kelas I SDN 54 Lebong dan Kelas I SDN 16 Lebong. Teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Jumlah sampel 52 siswa terdiri dari kelas I SDN 54 berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas I SDN 16 Lebong berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui nilai ������� mata pelajaran SBdP sebesar 5,43 dan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 2,65 lebih besar dari ���� pada taraf signifikan 5% sebesar 1,675. Dengan demikian Hipotesis Ha terbukti dan diterima. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model discovery learning berbantuan media kartu kata bergambar. Kata kunci: Discovery Learning, Media Kartu Kata Bergambar, Tematik, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:41 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12934 |
Actions (login required)
View Item |