PENGARUH MEDIA KONKRET DAN PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN KOTA BENGKULU

Sari, Rita Novita and Lusa, Herman and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MEDIA KONKRET DAN PERMAINAN KARTU DOMINO MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Rita Novita Sari (A1G015038).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media konkret dan permainan kartu domino matematika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas III SDN Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SDN Kota Bengkulu yang menggunakan kurikulum KTSP dan berakreditasi B. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas III di SDN 27 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas III B SDN 44 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan kognitif siswa berupa tes uraian yang berjumlah 5 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, dimana thitung = 4,03 dan ttabel = 2,01. Karena thitung > ttabel, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media konkret dan permainan kartu domino matematika terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh permainan media konkret dan permainan kartu domino matematika terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas III SDN Kota Bengkulu. Kata Kunci: Media Konkret, Permainan Kartu Domino Matematika, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:59
Last Modified: 13 Jul 2023 06:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item