Yustika, Tiara and Kustianti, Sri Ken and Resnani, Resnani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media kotak misteri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil aktivitas siswa siklus I 21,5 dan siklus II meningkat 29,5. Aspek kognitif siklus I mapel PKn nilai rata-rata kelas sebesar 69,89 ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,14% pada siklus II rata-rata kelas sebesar 80,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71% , mapel Bahasa Indonesia siklus I nilai rata-rata 68,96 ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata kelas 80,29 ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,14%, mapel IPS siklus nilai rata-rata kelas sebesar 68,96 ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 80,82 ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,57%.aspek afektif siklus I aspek bertanggung jawab sebesar 42,85%. Meningkat pada siklus II sebesar 78,57%. aspek teliti sebesar 32,14%. Meningkat pada siklus II sebesar 89,28%. dan percaya diri sebesar 46,42%. Meningkat pada siklus II sebesar 85,71%. Aspek Keterampilan siklus I aspek membedakan sebesar 35,71% pada siklus II meningkat sebesar 82,14%. aspek membuat sebesar 39,28% siklus II meningkat sebesar 78,57%. dan aspek menunjukkan sebesar 42,85% siklus II meningkat sebesar 85,71%. Dengan demikian penerapan model picture and picture berbantuan media kotak misteri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Picture and Picture, Media Kotak Misteri, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:23 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12979 |
Actions (login required)
View Item |