PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU

Yustika, Tiara and Kustianti, Sri Ken and Resnani, Resnani (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA KOTAK MISTERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV B SDN 44 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TIARA YUSTIKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture berbantuan media kotak misteri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data tes menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil aktivitas siswa siklus I 21,5 dan siklus II meningkat 29,5. Aspek kognitif siklus I mapel PKn nilai rata-rata kelas sebesar 69,89 ketuntasan belajar klasikal sebesar 67,14% pada siklus II rata-rata kelas sebesar 80,14 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 85,71% , mapel Bahasa Indonesia siklus I nilai rata-rata 68,96 ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata kelas 80,29 ketuntasan belajar klasikal sebesar 82,14%, mapel IPS siklus nilai rata-rata kelas sebesar 68,96 ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,57% pada siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 80,82 ketuntasan belajar klasikal sebesar 78,57%.aspek afektif siklus I aspek bertanggung jawab sebesar 42,85%. Meningkat pada siklus II sebesar 78,57%. aspek teliti sebesar 32,14%. Meningkat pada siklus II sebesar 89,28%. dan percaya diri sebesar 46,42%. Meningkat pada siklus II sebesar 85,71%. Aspek Keterampilan siklus I aspek membedakan sebesar 35,71% pada siklus II meningkat sebesar 82,14%. aspek membuat sebesar 39,28% siklus II meningkat sebesar 78,57%. dan aspek menunjukkan sebesar 42,85% siklus II meningkat sebesar 85,71%. Dengan demikian penerapan model picture and picture berbantuan media kotak misteri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik Kelas IV B SDN 44 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Picture and Picture, Media Kotak Misteri, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:23
Last Modified: 13 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item