PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Fitriani, Uci and Lusa, Herman and Resnani, Resnani (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI UCI FITRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD pada gugus XIV Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 42 Kota Bengkulu dan IV A SDN 45 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 48 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan penentuan sampel mempertimbangkan hal tertentu berdasarkan tujuan yang dicapai peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh sebesar 3,09 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 6,35 pada mata pelajaran IPA dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 dimana lebih besar dari . Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation. Kata Kunci: Tematik, Model Group Investigation, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:25
Last Modified: 13 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12982

Actions (login required)

View Item View Item