Fatimah, Widya Sari and Djuwita, Puspa and Hasnawati, Hasnawati (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA TATA TERTIB SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI WIDYA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian nilai-nilai Pancasila pada tata tertib siswa di sekolah dasar negeri 06 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengecek dan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil observasi, dan wawancara yang sudah dicatat serta hasil dari dokumentasi, data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata tertib siswa di sekolah dasar negeri 06 kota Bengkulu sudah menerapkan nilai-nilai yang terdapat di sila Pancasila. Tata tertib siswa di sekolah dasar negeri 06 terbagi menjadi dua, yakni tata tertib siswa di dalam kelas dan tata tertib di luar kelas. Guru juga sudah menerapkan kepada siswa nilai Pancasila melalui kegiatan-kegiatan siswa walaupun tidak termasuk ke dalam tata tertib siswa. Dapat disimpulkan bahwa nilai Pancasila telah diimplementasikan pada tata tertib siswa di sekolah dasar negeri 06 kota Bengkulu. Kata Kunci: Nilai Pancasila, Tata tertib
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:41 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:41 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12992 |
Actions (login required)
View Item |