PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS XVII KOTA BENGKULU

Rizki, Wiwit Trira and Dalifa, Dalifa and Nani, Yuliantini (2019) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS XVII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WIWIT TRIRA RIZKI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Make a Match pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus XVII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV A SDN 04 Kota Bengkulu dan kelas IVB SDN 11 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive random sampling. Jumlah sampel 51 siswa terdiri atas kelas IVB SDN 11 Kota Bengkulu berjumlah 26 siswa sebagai kelas Eksperimen dan kelas IVA SDN 04 Kota Bengkulu berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t di dapatkan t-hitung mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,35 dan pada mata pelajaran IPA sebesar 3,27 dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67 dimana lebih besar dari . Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model kooperatif tipe Make a Match. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Make a Match, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:13
Last Modified: 13 Jul 2023 08:13
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13006

Actions (login required)

View Item View Item