PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS VIII KOTA BENGKULU

Afrilliana, Yunita and Lusa, Herman and Neza, Agusdianita (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS VIII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
YUNITA AFRILIANA (A1G015044) PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN gugus VIII Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus VIII Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini. kelas VB di SDN 36 sebagai kelas eksprimen dan kelas VA SDN 18 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung sebesar 6,30 dan nilai ttabel sebesar 2,02. Secara statistik terlihat thitung (6,30) > ttabel (2,02) pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gugus VIII Kota Bengkulu. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:32
Last Modified: 13 Jul 2023 08:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13021

Actions (login required)

View Item View Item