IDENTIFIKASI SEBARAN MINERAL EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE (Studi Kasus Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis Lebong)

Alfiani, Ani and Suhendra, Suhendra and Halauddin, Halauddin (2022) IDENTIFIKASI SEBARAN MINERAL EMAS MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI DIPOLE-DIPOLE (Studi Kasus Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis Lebong). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Ani Alfiani_F1C018010_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mineral emas terbentuk akibat adanya endapan aktivitas magma dalam jangka waktu lama dan akibat adanya proses sedimentasi. Singkapan mineral emas banyak ditemukan di Desa Tambang Sawah Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong sehingga banyak dilakukan penambangan oleh masyarakat. Maka dilakukan penelitian menggunakan metode geolistrik konfigurasi dipole�dipole untuk mengetahui sebaran mineral emas yang belum dilakukan penambangan oleh masyarakat sekitar. Hasil penelitian dilakukan dengan mengkorelasi nilai chargeability >300 ms yang merupakan daerah zona mineralisasi tinggi dan resistivity >500 Ωm memiliki zona mineralisasi tinggi. Pada daerah ini diketahui terdapat mineralisasi emas berada pada kedalaman 50- 73 m yang berada di bawah permukaan. zona mineralisasi emas ditandai dengan mineral kunci berupa pirit, irit, serisit dan silika. Zona alterasi pada daerah penelitian ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu zona lapisan air, lempung, granit, zona alterasi propilitik, zona alterasi silika dan zona silifikasi. Kata kunci: Mineral Emas, Dipole-dipole, Resistivity, Chargeability

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:23
Last Modified: 01 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item View Item