Agustin, Ade and Wurjinem, Wurjinem and Lukman, Lukman (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS VII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI ADE.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV gugus 7 Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar Negeri 19 Kota Bengkulu dan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 49 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Jumlah sampel 73 siswa terdiri dari kelas IVA Sekolah Dasar Negeri 19 Kota Bengkulu yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 49 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapatkan thitung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu (2,835) > ttabel (1,667), sedangkan hasil uji-t didapatkan thitung pada mata pelajaran SBdP yaitu (2,623) > ttabel (1,667). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di kelas IV Sekolah Dasar Gugus VII Kota Bengkulu. Selain itu untuk aspek sikap dan keterampilan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, hal ini dibuktikan dengan persentase kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Kata Kunci : Hasil Belajar, PjBL, Pembelajaran Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:36 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:36 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13024 |
Actions (login required)
View Item |