PENENTUAN RUTE TERPENDEK JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGGUNAKAN ALGORITMA BELLMAN-FORD (Studi Kasus : Pantai Panjang Kota Bengkulu)

Hadi, Husnul and Fauzi, Yulian and Siska, Yosmar (2022) PENENTUAN RUTE TERPENDEK JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGGUNAKAN ALGORITMA BELLMAN-FORD (Studi Kasus : Pantai Panjang Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Husnul Hadi (F1A017010) L.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Kota Bengkulu memiliki lokasi yang berhadapan langsung dengan pertemuan zona subduksi di pantai barat Sumatera, sehingga Kota Bengkulu daerah rawan terjadinya bencana seperti gempa bumi hingga bencana tsunami. Jika dianggap ada resiko bencana, maka pihak berwenang akan memberi peringatan atau mengambil tindakan seperti evakuasi. Perancangan evakuasi membutuhkan informasi jalur terpendek menuju titik kumpul atau tempat evakuasi agar dapat menggunakan waktu yang lebih efektif. Studi kasus dalam penelitian ini yaitu Pantai Panjang Kota Bengkulu, masalah ini diselesaikan dengan metode Algoritma Bellman-Ford. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan rute terpendek jalur evakuasi bencana tsunami di Pantai Panjang Kota Bengkulu dengan menggunakan Algoritma Bellman-Ford. Hasil analisis pencarian rute terpendek ini berupa jalur-jalur evakuasi bencana tsunami yang akan dilewati dari titik evakuasi menuju titik kumpul atau zona aman yang di aplikasikan dalam bentuk peta berupa graf berbobot. Pada peta lingkup penelitian terdapat 6 titik kumpul atau zona aman dengan 2 titik kumpul baru yang direkomendasikan, dan 4 titik kumpul lama berasal dari data pemerintah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat 6 jalur evakuasi terpilih berdasarkan jarak lokasi dan zona aman. Algoritma akan menghitung secara detail setiap jarak dari titik evakuasi Sport Center Pantai Panjang hingga titik kumpul atau zona aman evakuasi. Semakin banyak titik yang dilewati makan semakin banyak pula proses iterasinya. Hal itu menyebabkan perhitungan akan semakin lama pula. Kata kunci : Algoitma Bellman-Ford, Jalur Evakuasi, Pantai Panjang Kota Bengkulu, Rute Terpendek.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 01 Aug 2023 04:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item View Item