STUDI KECEPATAN PERUBAHAN GARIS PANTAI DAERAH RENTAN GEMPA BUMI MENGGUNAKAN DATA CITRA SATELIT, MIKROTREMOR DAN MASW KAWASAN RAWAN ABRASI PANTAI PADANG BETUAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Widiasmi, Eci and Farid, M. and Arif, Ismul Hadi (2022) STUDI KECEPATAN PERUBAHAN GARIS PANTAI DAERAH RENTAN GEMPA BUMI MENGGUNAKAN DATA CITRA SATELIT, MIKROTREMOR DAN MASW KAWASAN RAWAN ABRASI PANTAI PADANG BETUAH KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ECI WIDIASMI (F1C017010).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Padang Betuah merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jika terjadi abrasi akan sangat membahayakan masyarakat maupun lahan dan fasilitas disana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan perubahan garis pantai, indek kerentanan seismik ( Kg ) dan kecepatan gelombang geser ( ). Metode yang digunakan adalah HVSR dan MASW. Hasil menunjukkan kecepatan perubahan garis pantai tertinggi yaitu 4.9 m/thn dalam rentang 20 tahun. Oleh karena itu, akan mempengaruhi pada garis pantai yang terus mengalami kemunduran daratan sehingga akan mengancam lahan dan fasilitas disana. Kecepatan perubahan garis pantai sudah menunjukan bahwa daerah tersebut sudah mengalami kemunduran dalam selang waktu 20 tahun terakhir dan bisa saja terjadi dalam jangka waktu kedepannya. Nilai indek kerentanan seismik ( Kg ) didaerah Padang Betuah yaitu berkisar antara 0.5 sampai 8.6 yang di dominan nilai tertinggi berada pada titik tepi pantai menunjukkan bahwa tanah didaerah tersebut termasuk daerah yang rentan terhadap getaran dan gempa bumi sehingga mengakibatkan tanah bisa terkikis oleh gelombang laut. Nilai kecepatan gelombang geser ) yaitu 300 m/s, 258 m/s dan 330 m/s menunjukkan klasifikasi tanah pada daerah Padang Betuah termasuk dalam kategori sedang. Daerah Padang Betuah memiliki jenis tanah sedang maka disimpulkan bahwa daerah tepi pantai akan mudah mengalami abrasi. Kata kunci: Padang Betuah, kecepatan perubahan garis pantai, citra satelit HVSR, MASW, Kg, .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:25
Last Modified: 01 Aug 2023 04:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item