PENERAPAN NILAI KARAKTER PRAMUKA PENGGALANG DALAM MELAKSANAKAN DASADARMA MELALUI KEGIATAN PENJELAJAHAN KEPRAMUKAAN

Faradillah, Faradillah and Lukman, Lukman and Sri, Dadi (2019) PENERAPAN NILAI KARAKTER PRAMUKA PENGGALANG DALAM MELAKSANAKAN DASADARMA MELALUI KEGIATAN PENJELAJAHAN KEPRAMUKAAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FARADILLAH A1G014040.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan nilai karakter Pramuka Penggalang dalam melaksanakan Dasadarma melalui kegiatan Penjelajahan di Gugus Depan 02.023-02.024 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan metode deskriptif. Subjek adalah anggota Pramuka Penggalang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dilihat dari indikator yaitu peduli lingkungan (tidak mengambil, menebang atau mencabut tumbuh-tumbuhan; tidak mencoret-coret atau menorehkan; membuang sampah pada tempatnya; dan melaksanakan kegiatan membersihkan lingkungan), tanggungjawab (menyelesaikan tugas tepat waktu; mengerjakan tugas sesuai petunjuk; dan mengerjakan tugas berdasarkan hasil karya sendiri), dan peduli sosial (menunjukkan perhatian pada teman; tidak menyakiti teman; senang berbagi atau tidak pelit; mengerjakan tugas dengan teman-teman; dan tidak menunjukkan sikap mendominasi). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai karakter Pramuka Penggalang dalam melaksanakan Dasadarma dapat diterapkan melalui kegiatan Penjelajahan di Gugus Depan 02.023-02.024 Kota Bengkulu. Kata kunci: Karakter, Dasadarma, Penjelajahan, Pendidikan Kepramukaan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:20
Last Modified: 14 Jul 2023 02:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

View Item View Item