PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD GUGUS XXI KOTA BENGKULU

Sari, Febby Intan Pratama and Winarni, Endang Widi and Dwi, Anggraini (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD GUGUS XXI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FEBBY INTAN PERMATA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model quantum learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Gugus XXI Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain “the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD gugus XXI Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini kelas V SDN 40 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 51 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket motivasi belajar siswa yang diberikan melalui angket awal dan angket akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji- t dengan melihat nilai gain didapatkan nilai thitung sebesar 6,79 dan nilai ttabel sebesar 2,07. Secara statistik terlihat thitung (6,79) > ttabel (2,07) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model quantum learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Gugus XXI Kota Bengkulu. Kata Kunci : Quantum Learning, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:24
Last Modified: 14 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item