PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (PTK PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU)

Pratama, Ige Gusti and Alexon, Alexon and V. Karjiati, V. Karjiati (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (PTK PADA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 52 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI IGE.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan percaya diri siswa di kelas V B SDN 52 Kota Bengkulu. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V B SDN 52 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, yang terdiri dari lembar observasi penerapan model pembelajaran Role Playing dan lembar observasi percaya diri siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk setiap kriteria. Hasil rata-rata penerapan model pembelajaran Role Playing siklus pertama diperoleh sebesar 29,5 dengan kategori cukup dan siklus kedua diperoleh sebesar 38,5 dengan kategori sangat baik. Hasil rata-rata percaya diri siswa siklus pertama diperoleh sebesar 19,03 dengan kategori cukup dan siklus kedua diperoleh sebesar 26,15 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji t diperoleh t0 21,78 lebih besar dari pada ttabel 1,706. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan percaya diri siswa di kelas V B SDN 52 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Pembelajaran Role Playing, Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:19
Last Modified: 14 Jul 2023 03:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item