RESEPSI SISWA KELAS IV SDN 45 KOTA BENGKULU TERHADAP CERITA RAKYAT “BENUANG SAKTI DAN BERUK RAKSASA”

Lubis, Intan Ramadhanti and Muktadir, Abdul and Bambang, Parmadie (2019) RESEPSI SISWA KELAS IV SDN 45 KOTA BENGKULU TERHADAP CERITA RAKYAT “BENUANG SAKTI DAN BERUK RAKSASA”. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INTAN RAMADHANTI LUBIS A1G015070.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan resepsi siswa kelas IV SDN 45 Kota Bengkulu terhadap struktur cerita rakyat “Benuang Sakti dan Beruk Raksasa”. Penelitian resepsi ini lebih memfokuskan pada metode resepsi sastra secara eksperimental karena menggunakan pembaca sezaman atau satu kurun waktu. Eksperimental yang dimaksud peneliti menyajikan sebuah cerita kepada pembaca secara individu, yaitu siswa sekolah dasar. Selanjutnya dari membaca itu, setiap siswa diminta mengemukakan resepsinya terhadap cerita yang sudah dibaca yang terdiri atas 6 unsur instrinsik cerita yaitu tema, alur, latar, tokoh/penokohan, sudut pandang, bahasa/pesan. Namun pada saat melakukan analisis dari jawaban siswa, digunakan pendekatan kualitatif karena penelitian ini melakukan observasi dan wawancara. Untuk lebih memahami data dianalisis dan dideskripsikan secara narasi dengan menggunakan model Spradley (etnografi). Hasil dari Penelitian ini adalah : Temanya menggambarkan tentang kegiatan gotong royong dari sisi kebermanfaatan. Latar tempat ceritanya terjadi di hutan, Alur ceritanya menggunakan alur maju atau kronologis sehingga siswa mudah untuk memahami ceritanya, karena dikisahkan secara runut. Tokoh dan penokohannya, yaitu tokoh protagonis ada keempat raja yang mempunyai sifat bijaksana, tokoh antagonisnya ada beruk raksasa, dan tokoh tritagonisnya atau tokoh pembantu adalah Sang Hyang yang berwatak baik, karena menolong disaat raja dan anak buahnya mengalami kegagalan yang terus menerus. Bahasa dan pesan cerita Benuang Sakti dan Beruk raksasa juga baik, karena bahasanya sudah memenuhi Kaidah Bahasa Indonesia yang benar, walaupun menggunakan bahasa daerah sudah ada terjemahannya langsung. Penelitian ini bisa terjadi karena siswa kelas IVa sudah mempelajari materi cerita rakyat pada kompetensi dasar (kd) 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya). Kata Kunci : Cerita Rakyat, Resepsi, Sastra.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:27
Last Modified: 14 Jul 2023 03:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13114

Actions (login required)

View Item View Item