Lestari, Mugi and Wurjinem, Wurjinem and Herman, Lusa (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN STRATEGI CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD N GUGUS XV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI MONIC.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) dengan strategi Card Sort terhadap hasil beljar siswa pada pembelajaran tema Lingkungan Sahabat kita di kelas V SD Negeri Gugus XV Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus XV yang tediri dari 4 SD. Teknik pengambilan sampel two stage ramdom sampling didapat kelas VA SD N 74 sebagai kelas ekperimen dan kelas VB sebagai kelas control. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes objektif yang terdiri dari 20 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat, dan analisis inferensial yaitu uji-t. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 70,89 dan kelas kontrol yaitu 61,07. Uji-t kedua kelas sampel dengan taraf signifikansi α=0,05, diperoleh t hitung =2,58, sedangkan t table =1,67, t hitung>t table sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model TGT dengan strategi Card Sort. Kata kunci: Teams Games Tournament, Card Sort, Tematik
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 04:04 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 04:04 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13131 |
Actions (login required)
View Item |