PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Afif, Muhammad and Winarni, Endang Widi and Lukman, Lukman (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi afif new.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media poster terhadap sikap peduli lingkungan pada pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar Gugus XIV Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus XIV Kota Bengkulu tahun ajaran 2018/2019 yaitu SD Negeri 24, SD Negeri 42, SD Negeri 45, SD Negeri 52, MI Muhajirin, MI Plus Ja�Alhaq dan SDIT Al-Yasiir Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen pembelajaran tematik dengan menggunakan media poster dan diperoleh kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol pembelajaran tematik menggunakan media teks bacaan, dan kelas VI SD Negeri 42 Kota Bengkulu sebagai kelas uji coba instrumen berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian berupa angket sikap peduli lingkungan 20 butir pernyataan. Hasil uji t gain skor didapatkan nilai thitung sebesar 3,47dengan ttabel sebesar 2,01 artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media poster terhadap sikap peduli lingkungan pada pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar Gugus XIV Kota Bengkulu. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Media Poster, dan Sikap Peduli Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:10
Last Modified: 14 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13132

Actions (login required)

View Item View Item