PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI GUGUS 17 KOTA BENGKULU

Hernawan, Oky and Lusa, Herman and V. Karjiati, V. Karjiati (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI GUGUS 17 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di gugus 17 Kota Bengkulu. Penelitian ini berjenis kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD Gugus 17 Kota Bengkulu dan sampel kelas VC di SDN 11 sebagai kelas eksprimen dan kelas VB SDN 04 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian terjadi kenaikan rata- rata pada kelas eksperimen sebesar 28,6 sedangkan kenaikan pada kelas kontrol sebesar 22,86. Hasil uji-t didapatkan t hitung (3,50) > t tabel (2,01). Nilai t hitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai t tabel, maka Ho ditolak, Ha diterima, jadi dapat disimpulkan Model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Cooperative, Snowball Throwing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:21
Last Modified: 14 Jul 2023 04:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item