Melinda, Betri and Kustianti, Sri Ken and Victoria, Karjiyati (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI GUGUS 19 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI BETRI MELINDA.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V di SDN Gugus 19 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas sampel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Gugus 19 Kota Bengkulu yang menggunakan Kurikulum 2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 71 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 72 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar. Berdasarkan hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signfikan 5% diperoleh hasil t hitung 13,57 > t tabel 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas V di SDN Gugus 19 Kota Bengkulu. Kata kunci: model Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:46 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 02:46 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13264 |
Actions (login required)
View Item |