ANALISIS PEMASARAN TERNAK ITIK PETELUR (ITIK TALANG BENIH) DI DESA GARUT KECAMATAN AMEN KABUPATEN LEBONG (Studi Kasus Pemeliharaan Ternak Itik Saat Musim Tanam)

Jeki, Pernata and Edi, Soetrisno and Bieng, Brata (2022) ANALISIS PEMASARAN TERNAK ITIK PETELUR (ITIK TALANG BENIH) DI DESA GARUT KECAMATAN AMEN KABUPATEN LEBONG (Studi Kasus Pemeliharaan Ternak Itik Saat Musim Tanam). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI JEKI PERNATA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Usaha peternakan itik merupakan salah satu usaha peternakan yang cukup berperan dalam perekonomian. Hasil produksi itik berupa telur dan daging yang dapat di konsumsi serta banyak diminati oleh masyarakat. Salah satu faktor yang keberlanjutan ternak itik adalah pemasaran itik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dan mengkaji efisisensi pemasaran itik di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2021, yang bertempat di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong. Teknik pengeceran data yang di tempuh pada penelitian menggunakn metode survei menggunakan kuesioner. Resonden ditentukan secara sengaja yaitu seluruh peternak itik yang berada di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Variabel yang diamati meliputi identitas responden, saluran pemasaran, margin pemasaran, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 pola saluran pemasaran telur dan itik di Desa Garut Kecamatan Amen Kabupaten Lebong yaitu peternak menjual konsumen langsung, dan peternak menjual ke pedagang pengecer, lalu pedagang pengecer menjual ke konsumen. Efisiensi penjualan telur itik pada saluran I sebesar 0% lebih efisien dibandingkan saluran II yaitu 5,40%. Sedangkan efisiensi penjualan itik pada saluran II sebesar 1,73% lebih efisien dibandingkan saluran I yaitu 2,67%

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:48
Last Modified: 17 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item