ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN KOTA BENGKULU

SELVIA FRANSSISCA, VIKA and Kahar, Hakim and Adityo, P Ramadhan (2013) ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PELAYANAN SERTIFIKAT TANAH PADA BADAN PERTANAHAN KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III,II-13-vik-FS-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (574kB)
[img] Text
IV,V,VI,LAMP.II-13-vik-FS-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (465kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei, yaitu penelitian menggambarkan kejadian, fakta, dan data yang terjadi di lapangan dengan melakukan penelitian langsung ke objek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif statistik. Statistik deskriptif adalah statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Responden dan informan dalam penelitian adalah masyarakat penerima pelayanan sertifikat tanah pada Badan Pertanahan Kota Bengkulu. Subjek wawancara adalah pegawai Badan Pertanahan Kota Bengkulu sebanyak 3 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Kepuasan masyarakat atas prosedur pelayanan telah berada kriteria tidak baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,46; (2) Kepuasan masyarakat atas kesesuaian persyaratan pelayanan telah berada cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,70; (3) Kepuasan masyarakat atas kecepatan pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,64; (4) Kepuasan masyarakat atas keadilan pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,70; (5) Kepuasan masyarakat atas kesopanan dan keramahan petugas pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,60; (6) Kepuasan masyarakat atas kewajaran biaya pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,60; (7) Kepuasan masyarakat atas kepastian biaya pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,74; (8) Kepuasan masyarakat atas kepastian waktu pelayanan telah berada kriteria tidak baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,58; (9) Kepuasan masyarakat atas kenyamanan lingkungan pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,88; dan (10) Kepuasan masyarakat atas keamanan lingkungan pelayanan telah berada kriteria cukup baik dengan nilai skor IKM sebesar 2,80.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 12 Nov 2013 16:45
Last Modified: 15 Nov 2013 14:09
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1327

Actions (login required)

View Item View Item