ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Cahyuni, Cahyuni and Hambali, Daimun and Puspa, Djuwita (2018) ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE PADA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi strategi pembelajaran active debate melalui pembelajaran PKN di Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu, menyangkut Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Subyek penelitian adalah guru dan siswa di SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi (pengamatan), wawancara (interview) dan dokumentasi. Adapun Hasil dari penelitian ini yaitu Perencanaan dalam pembelajaran dilakukan dengan membuat silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran active debate dilakukan dengan pembagian antar kelompok Pro dan Kontra agar terciptanya debate yang bisa memunculkan pertanyaan dan pernyataan yang bisa memancing siswa untuk berdebat.evaluasi dilakukan untuk mengetahui bagaimana pencapaian hasil active debate yang telah dilaksanakan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran active debate mempunyai mempunyai dampak positif dan negatif dalam pembelajaran Pkn.dengan adanya active debate siswa mulai berani menyampaikan pendapatnya,bisa menghargai pendapat orang lain, serta melatih siswa bermusyawarah untuk mencapai mufakat. Sedangkan dampak negatifnya pada pembelajaran active debate ini siswa masih susah untuk diatur ketika debate berlangsung, ini menyebabkan timbulnya kegaduhan di dalam kelas,masih ada siswa yang belum berani menyampaikan pendapatnya karena takut kepada lawan dari kelompoknya. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Active Debate, Pembelajaran PKn

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:53
Last Modified: 17 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item