PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU

Markoni, Defrizal and Resnani, Resnani and Pebrian, Tarmizi (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 52 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Defrizal Markoni.output.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think talk write terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Design, dengan jenis desain penelitian The Matching Only Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 52 Kota Bengkulu yang berjumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VD sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes menulis karangan deskripsi yang diberikan melalui posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji-t. Diketahui berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kedua kelas yakni, pada kelas eksperimen sebesar 76,60 dan pada kelas kontrol 70,78. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung sebesar 2,78 dan ttabel sebesar 1,70. Jadi dengan thitung (2,78) > ttabel (1,70) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf 5% pada penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu. Kata kunci: Think Talk Write, Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:22
Last Modified: 17 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item View Item