PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS 01 KOTA BENGKULU

Listiyani, Dewi and V. Karjiati, V. Karjiati and Feri, Noperman (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV GUGUS 01 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DEWI DEWI LISTIYANI A1G014021.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan berpaku terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IV Gugus 01 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental. Jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian SD Gugus 01 Kota Bengkulu terdiri dari SDN 1, SDN 07, SDN 06, SD Muhammadiyah Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini adalah dua rombongan belajar siswa SDN 07 Kota Bengkulu. Rombongan belajar IVA untuk kelas kontrol dan IVB untuk kelas eksperimen dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen (59,78) dan posttest (79,57), sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol (57,28) dan posttest (79,57). Hasil uji-t posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan nilai thitung 2,437 lebih besar dari nilai ttabel 2,006, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Kenaikan persentase nilai pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol dengan kenaikan hasil belajar sebesar 8%. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media papan berpaku terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV Gugus 01 Kota Bengkulu. Kata kunci : Papan Berpaku, Matematika, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:25
Last Modified: 17 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13294

Actions (login required)

View Item View Item