KANDUNGAN PROTEIN TOTAL PADA TINGKAT KEMATANGAN BIJI MELINJO (Gnetum gnemon) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUMPALAN SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus)

EFIYANI, DEA RISKI and Haryanto, Hery and Jarulis, Jarulis (2022) KANDUNGAN PROTEIN TOTAL PADA TINGKAT KEMATANGAN BIJI MELINJO (Gnetum gnemon) DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENGGUMPALAN SPERMATOZOA MENCIT (Mus musculus). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_DEA_RISKI (F1D018002).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Gnetum gnemon memiliki kandungan protein berupa lektin yang dapat mengaglutinasi sel. Lektin memiliki sifat yang dapat berikatan dengan glikokonjugat pada membran sel kepala spermatozoa. Pengikatan antara sel dan glikokonjugat disebut dengan penggumpalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar protein dari biji melinjo hijau, kuning, merah, serta emping mentah dan emping goreng dan pengaruhnya terhadap penggumpalan sel spermatozoa mencit. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan September 2021 sampai Januari 2022. Data dianalisis menggunakan one way ANOVA dan uji lanjut DMRT dengan program SPSS versi 25 serta perbandingan hasil fotomikrografi penggumpalan sel spermatozoa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kadar protein biji melinjo hijau 1908,75 g/ml, melinjo kuning 1344,25 g/ml, melinjo merah 698,75 g/ml, emping mentah 616,75 g/ml dan emping goreng 448,25 g/ml. Analisis perbandingan fotomikrografi menunjukkan bahwa sampel biji melinjo hijau, kuning, merah, emping mentah dan emping goreng dapat menggumpalkan sel spermatozoa tetapi sampel emping goreng sedikit menggumpalkan spermatozoa mencit. Bentuk penggumpalan spermatozoa yang terjadi adalah penggumpalan kepala–kepala spermatozoa karena dibagian akrosom kepala spermatozoa mengandung banyak glikoprotein dan glikolipid. Protein lektin melinjo dan emping melinjo dapat menggumpalkan sel spermatozoa mencit yang nantinya dapat digunakan sebagai salah satu kandidat agen spermisida. Kata kunci: Lektin, Melinjo, Penggumpalan, Spermatozoa, Spermisida

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Biology Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:52
Last Modified: 01 Aug 2023 04:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item