PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MELALUI TEKNIK TIM KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU

Hamazah, Fitria Erita and Dadi, Sri and Herman, Lusa (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE MELALUI TEKNIK TIM KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PDF OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model kooperatif tipe picture and picture melalui tim kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN gugus III kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan metode eksperimen, dengan desain The matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berupa multiple choice. pengambilan tes sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah memberikan perlakuan pada kelas sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 48 Kota Bengkulu (kelas kontrol) dan siswa kelas VA SDN 17 Kota Bengkulu (kelas eksperimen). Hasil uji-t didapatkan thitung 3,379> ttabel 1,675. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model kooperatif tipe picture and picture melalui teknik tim kuis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Gugus III Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Kooperatif, Picture and Picture, Tim Kuis, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:03
Last Modified: 27 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13315

Actions (login required)

View Item View Item