PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V SDN GUGUS 4 KABUPATEN REJANG LEBONG

Ariansyah, Maman and Juarsa, Osa and Daimun, Hambali (2018) PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR KELAS V SDN GUGUS 4 KABUPATEN REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Maman Ariansyah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong berjumlah 107 siswa yaitu SDN 113 (VA berjumlah 23 siswa dan VB berjumlah 24 siswa), SDN 12 berjumlah 35 siswa, dan SDN 97 berjumlah 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa yaitu SDN 113 (VA berjumlah 6 siswa dan VB berjumlah 6 siswa), SDN 12 berjumlah 9 siswa, dan SDN 97 berjumlah 6 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian dengan teknik simple random sampling dengan pengambilan sampel 25% dari populasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kedisiplinan siswa dan angket kemandirian belajar berupa pernyataan. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian diketahui bahwa fhitung> ftabel (34,804 > 4,225) maka dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil pengujian tersebut menjadikan persamaan regresi yang dinyatakan dengan persamaaan ̂ = 6,787 + 0,884 X . Nilai koefisien korelasi sebesar 0,763 dan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,582 yang berarti bahwa kontribusi atau besarnya pengaruh yang diberikan oleh kedisiplinan siswa terhadap kemandirian belajar sebesar 58,20%. Hal ini terlihat dari hasil uji signifikansi regresi yang menunjukkan regresi signifikan dan deskripsi hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kedisiplinan siswa di kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong memberikan pengaruh baik terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong. Kata Kunci: kedisiplinan siswa, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:40
Last Modified: 17 Jul 2023 04:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13330

Actions (login required)

View Item View Item